Liburan Mengajak Lansia, Ini yang Harus Dipersiapkan

Sebagai seorang anak tentu ingin menyenangkan kedua orang tua. Salah satu wujud tindakan membahagiakan orang tua adalah mengajak mereka berlibur.

Membawa orang tua berlibur apalagi usia menginjak lansia tentu tidak mudah. Hal ini dikarenakan gerak orang tua sudah mulai melambat dan kondisi kesehatan juga wajib diperhitungkan.

Sebenarnya membawa orang tua berlibur mempunya manfaat yang besar sekali, diantaranya:

Menghilangkan stress

Berada di dalam rumah terus menerus tentu membuat beban pikiran tersendiri bagi orang tua. Sebagian orang tua beranggapan mereka dilarang anak keluar rumah. Walau sebenarnya hal itu menunjukkan bukti sayang anak ke orang tua. Tak apalah sesekali mengajak orang tua liburan agak tidak stress. Orang tua bisa stress juga lho.

Melihat dunia luar

Terkurung di dalam rumah tentu menimbulkan rasa bosan. Orang tua diajak ke supermarket terdekat saja senangnya minta ampun, apalagi diajak berlibur oleh anak mereka. Dengan berlibur mereka dapat melihat dunia luar dan bertemu dengan banyak orang.

Menjaga kesehatan mental orang tua

Isu kesehatan mental saat ini menjadi sesuatu yang sering diperbincangkan. Banyak orang tua merasa tidak dihargai ketika menginjak usia lanjut walau sebenarny mungkin hanya perasaan mereka saja.

Dengan mengajak berlibur orang tua maka setidaknya mereka masih merasa dihargai dan bisa mengobati perasaan overthinking. Terkadang anak sibuk dengan dunia masing-masing sehingga lupa kalau mereka masih punya orang tua yang butuh perhatian.

Lalu bagaimana ketika rencana berlibur bersama orang tua yang berusia lanjut terealisasi? Maka ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebagai anak ketika mengajak lansia berlibur, diantaranya:

Perhatikan pakaian yang akan dibawa

Lansia cenderung memakai pakaian yang praktis ketika dirumah saja. Tentu saja ketika bepergian pun Anda harus memperhatikan kenyamanan dalam berpakaian orang tua.

Bawa obat-obatan yang diperlukan

Ini yang terpenting. Hal ini dikarenakan di masa lanjut usia orang tua pada umumnya harus membawa obat-obatan pereda rasa sakit. Selain itu juga lansia setidaknya harus membawa minyak gosok untuk dibalurkan ke kaki atau tubuh apabila pegal-pegal

Cari tempat liburan yang tidak mempersulit ruang gerak orang tua

Lansia tentu saja sangat terbatas dalam melakukan aktivitas. Tidak boleh terlalu lelah dan memiliki jam tidur yang cepat. Pantai bisa jadi tempat wisata yang cocok untuk lansia. Hindari mengajak lansia berlibur ke daerah pegunungan kecuali Anda siap memegang tangan orang tua yang sudah lambat jalannya. Harap perhatikan resiko di perjalanan sebelum memutuskan berlibur.

Jaga mood orang tua

Lansia lebih sensitif dibanding ketika masih muda. Mendapat pengalaman yang tidak enak saja maka akan mengubah mood lansia. Anda sebagai anak harus mengetahui hal-hal yang dapat membuat mood orang tua menjadi jelek.

Tinggalkan komentar