Staycation: Liburan Hemat di Masa Pandemi

Siapa yang tidak kenal dengan istilah staycation. Saat ini staycation dianggap sebagai salah satu liburan yang tidak kalah menyenangkan dibanding bepergian ke luar kota. Staycation diartikan sebagai kegiatan menginap di salah satu hotel yang berada di dalam kota saja.

Saat Pandemi seperti sekarang ini apalagi ketika angka kematian sedang tinggi, tentu saja rencana liburan ke luar kota harus ditahan sejenak. Hal ini tentu saja memiliki tujuan agar kita terhindar dari paparan virus. Saya mengakui bahwa hampir dua tahun tak pergi kemanapun itu sangat membosankan.

Bisnis yang bergerak di bidang pariwisata pun seakan mati suri. Termasuk salah satunya bidang perhotelan. Bahkan saya mendengar informasi dari teman jika di kotanya ada beberapa hotel yang menghentikan kegiatan operasionalnya dikarenakan sepi pengunjung.

Miris sekali bukan! Namun di tahun 2021 sepertinya beberapa bidang usaha sudah mulai bangkit dan salah satunya bidang perhotelan. Tentu saja inovasi harus ada agar hotel pun dapat bertahan hidup. Salah satunya dengan promo all you can eat di salah satu hotel yang ada di Surabaya. Saya dan suami sempat makan di hotel yang menawarkan all you can eat dengan harga terjangkau.

Lalu promo lainnya adalah promo staycation dengan harga menarik. Jika biasanya hotel bintang empat menawarkan harga kamar per malam ya bisa mencapai 500ribuan namun pada beberapa kesempatan ada hotel bintang empat menawarkan promo menjadi 400ribuan saja ratenya.

Mengapa masyarakat memilih staycation sebagai alternatif pengganti libura, berikut alasannya:

Lebih Terjangkau Biayanya

Bayangkan ketika Anda liburan ke luar kota maka harus memikirkan biaya antigen, penginapan serta biaya transportasi menuju kota tujuan berlibur. Tentu saja biaya lebih besar dibanding Anda melakukan staycation dalam kota saja.

Mendapatkan Suasana Berbeda

Saya mengibaratkan staycation merupakan kegiatan pindah tidur dari rumah ke hotel selama beberapa hari. Kita tidak perlu memikirkan sementara pekerjaan rumah seabrek. Ketika staycation kita bisa merehatkan otak dan juga pikiran kita sejenak.

Tidak Perlu Prosedur yang Rumit

Mengapa saya katakan staycation tidak memerlukan prosedur rumah, hal ini dikarenakan tidak ada syarat antigen layaknya ketika kita bepergian ke luar kota. Paling-paling kita hanya diminta chek suhu badan saat memasuki area hotel.

Tentu saja masyarakat yang haus akan suasana liburan akan tertarik dengan promo staycation ini donk. Pindah tidur ke hotel lalu menikmati suasana yang ada di dalamnya seperti kita sedang liburan yang sesungguhnya.

Di tahun 2021 ini sudah dua kali saya dan suami melakukan staycation malah hanya satu malam saja. Namun kami merasa seperti melakukan refreshing sehingga dapat bekerja dengan semangat ketika staycation berakhir.

Bagi saya walau hanya satu malam melakukan staycation namun tetap saja mengesankan. Apalagi bisa menikmati berjalan-jalan di sekitar hotel seperti layaknya tamu dari luar kota.

Sumber Gambar: Pixabay

Tinggalkan komentar