Kuliner Lezat Dari Jawa Timur

Sudah 22 tahun saya tinggal dan berdomisili di Surabaya, Jawa Timur. Banyak sekali beragam kuliner yang telah saya cicipi mulai dari makanan khas Surabaya maupun yang ada di seluruh daerah di Indonesia. Mengapa saya sebut ada di seluruh daerah di Indonesia? Karena memang makanan tersebut bisa saya makan ketika berkunjung ke kota lain. Sebut saja:

  • Mie Ayam

Mie ayam merupakan kuliner yang bisa dikatakan merakyat dan hampir tersebar di seluruh wilayah yang ada di Indonesia. Makanan berkuah dengan mie telur serta suwiran ayam dan dilengkapi sawi sebagai sayuran ini bisa kalian temukan baik itu di kaki lima maupun rumah makan ternama.

Mie ayam merupakan jajanan yang cukup mengeyangkan dan bisa dimakan di cuaca panas maupun dingin. Selain murah meriah, mie ayam bisa dibilang cocok hampir di semua lidah masyarakat Indonesia. Saya pun suka makan mie ayam namun tbukan merupakan makanan favorit yah.

  • Bakso

Sama halnya dengan mie ayam, bakso tak kalah populer dengan kuliner pertama yang saya sebutkan. Bahkan bakso kerap bersanding dengan mie ayam di berbagai kesempatan. Lho kok bisa? Sering kok saya melihat di beberapa warung kaki lima tertulis kuliner yang menjual Mie Ayam dan Bakso. Biasanya Mie ayam akan diberi bakso sebagai pelengkap dan tentu saja harganya berbeda. Sedikit lebih mahal ketika menggunakan bakso.

Bakso sendiri merupakan jajanan berkuah dengan olehan daging yang diolah bentuk bulat. Bakso dapat kita makan dengan lontong sebagai pengganti nasi, Tapi walaupun begitu bakso juga bisa dimakan begitu saja kok. Biasanya penjual bakso akan memberi mie kuning atau suun sebagai pengganti lontong.

  • Penyetan

Saya termasuk salah satu orang yang doyan dengan penyetan. Penyetan adalah kuliner yang terdiri dari nasi dan lauk yang serba digoreng. Bisa berupa ayam goreng, bebek goreng, lele goreng maupu ati dan ampela yang digoreng. Biasanya penyetan akan diberi sambal yang sudah diuleg namun tidak digeprek ya di atas ikan atau ayamnya. Sambalnya terpisah dengan nasi. Penyetan dilengkapi dengan lalapan seperti timun, daun kemangi dan juga kacang panjang.

  • Ayam Geprek

Nah, kalau ayam geprek ini merupakan trend kuliner yang baru menanjak sekitar lima tahunan ya. Awalnya mungkin ayam geprek ini merupakan ide dari salah satu selebritis Indonesia. Kemudian menu kuliner ayam geprek ini banyak dimodifikasi oleh pedagang makanan lainnya baik itu kaki lima maupun rumah makan yang cukup berkelas.

Tinggalkan komentar